Pertemuan ke 14
Kegiatan menulis merupakan bagian yang tak terpisahkan oleh mahasiswa selama menuntut ilmu di perguruan tinggi. Pada setiap semester mereka harus menulis makalah atau tulisan lainnya.
Ada kalanya untuk semua mata kuliah yang ditempuh. Akan
tetapi banyak keuntungan yang dapat di petik dari pelaksanaan tugas/kelompok
tersebut. Yang diantaranya yaitu:
1. Dapat lebih mengenali kemampuan
dan potensi diri kita.
2. Dapat mengembangkan berbagai
gagasan.
3. Dapat memaksa kita untuk lebih
menyerap, mencari serta menguasai informasi tentang topik yang kita tulis.
4. Mengorganisasikan gagasan secara
sistematik serta mengungkapkannya secara tersurat.
5. Dapat menilai gagasan kita sendiri
secara lebih objektif.
6. Kita akan lebih mudah memecahkan
permasalahan.
7. Mendorong kita belajar secara
aktif.
8. Membiasakan kita berfikir serta
berbahasa secara tertib.
1.2 Menulis sebagai Proses
Kegiatan menulis adalah suatu proses penulisan.
Kita melakukan kegiatan itu dalam beberapa tahap yang
diantaranya yaitu:
1. Tahap prapenulisan: Penentuan
topik,tujuan dan bahan.
2. Tahap penulisan: Penyusunan
paragraph dan kalimat, yang disertai dengan pemilihan kata dan teknik
penulisannya.
3. Tahap revisi: Perbaikan dan
pembacaan ulang.
1.2.1 Tahap Prapenulisan
Tahap ini merupakan tahap persiapan menulis dan mencakup
beberapa langkah kegiatan.
1. Penentuan topik. (diperoleh
dari pengalaman dan pengamatan).
2. Membatasi topik. (Secara
eksplisit tujuan penulisan ini dapat dinyatakan dengan tesis dan pernyataan
maksud).
3. Menentukan bahan. (Bahan
dapat diperoleh dari pengalaman dan inferensi dari pengalaman).
4. Menyusun kerangka. (Kerangka
itu dapat berbentuk kerangka topik atau kerangka kalimat).
1.2.2 Tahap Penulisan
Pada tahap ini kita membahas setiap butir topik yang ada di
dalam kerangka yang disusun. Dalam mengembangkan gagasan menjadi suatu karangan
yang utuh diperlukan bahasa, kita harus mampu memilih kata dan istilah yang
kemudian dirangkaikan menjadi kalimat-kalimat yang efektif. Lalu kalimat
disusun menjadi paragraf yanh memenuhi persyaratan. Selain itu tulisan ini
harus ditulis dengan ejaan dengan tanda baca yang tepat.
1.2.3 Tahap Revisi
Pada tahap ini biasanya kita meneliti secara menyeluruh
mengenai logika, sistematika, ejaan, tanda baca, pilihan kata, kalimat,
paragraph, pengetikan catatan kaki dan daftar pustaka serta yang lainnya. Jika
tidak ada lagi yang kurang memenuhi persyaratan selesailah sudah tulisan kita.
Perencanaan Karangan
Secara teoritis, proses penulisan, meliputi 3 tahap utama,
yaitu tahap prapenulisan, tahap penulisan dan tahap revisi. Berikut ini kita
akan membahas cara merencanakan karangan langkah demi langkah.
2.1 Pemilihan Topik
Dalam memilih topik ada hal-hal yang perlu di perhatikan,
yaitu:
1. Topik itu ada manfaatnya dan layak
dibahas.
2. Topik itu cukup menarik terutama
bagi penulis.
3. Topik itu dikenal baik.
4. Bahan yang diperlukan dapat
diperoleh dengan memadai.
5. Topik itu tidak terlalu
luas dan tidakterlalu sempit.
2.2 Pembahasan Topik
Proses pembahasan topik dapat di permudah dengan cara
membuat diagram jam atau diagram pohon. Untuk membuat diagaram jam, topik
diletakan dalam sebuah lingkaran. Dari topik itu diturunkan yang lebih sempit.
Sumber :
dndarahma.blogspot.com/.../kegiatan-menulis-di-perguruan-tinggi.html
0 komentar:
Posting Komentar