Pengertian
Laporan
Laporan
adalah suatu cara komunikasi dimana penulis menyampaikan informasi kepada
seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
Laporan merupakan suatu jenis
dokumen yang sangat bervariasi bentuknya dan sebab itu sukar diberi suatu
batasan pengertian yang jelas
Macam – Macam Laporan :
1. Laporan berbentuk
formulir isian
Laporan berbentuk formulir isian adalah laporan
yang sudah memiliki bentuk baku berupa formulir, sehingga penerima laporan
dengan mucIah dapat membaca dan memahami keterangan yang dimuat dalam formulir
itu
Contoh :
2. Laporan berbentuk surat
Laporan surat adalah laporan yang berbentuk surat.
Surat ini seperti surat pada umumnya, hanya ada subjek yang ingin disampaikan
agar dapat diketahui oleh penerima laporan.
Contoh :
3. Laporan berbentuk
memorandum
Laporan ini mirip dengan bentuk surat namun
biasabya lebih singkat, seringkali digunakan untuk suatu laporan yang singkat
dalam bagian-bagian suatu organisasi atau antara atasan dan bawahan dalam suatu
hubungan kerja.
Contoh :
4. Laporan Berkala
Laporan ini selalu dibuat dalam jangka waktu
tertentu. Laporan seperti ini dapat dibuat dalam bentuk formulir isian atau
dalam bentuk memorandum.
Contoh :
5. Laporan laboraturis
Tujuannya adalah untuk menyampaikan hasil dari
percobaan atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam laboratoria.
Contoh :
0 komentar:
Posting Komentar