EYD dan Tanda Baca

Pertemuan ke 3



Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun 1972. Ejaan ini menggantikan ejaan sebelumnya yaitu Ejaan Republik atau Ejaan Soewandi. Perbedaan-perbedaan antara EYD dan ejaan sebelumnya adalah
:
·         'tj' menjadi 'c' : tjutji → cuci
·         'dj' menjadi 'j' : djarak → jarak
·         'j' menjadi 'y' : sajang → sayang
·         'nj' menjadi 'ny' : njamuk → nyamuk
·         'sj' menjadi 'sy' : sjarat → syarat
·         'ch' menjadi 'kh' : achir → akhir
Awalan 'di-' dan kata depan 'di' dibedakan penulisannya. Kata depan 'di' pada contoh "di rumah", "di sawah", penulisannya dipisahkan dengan spasi, sementara 'di-' pada dibeli, dimakan ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Sebelumnya "oe" sudah menjadi "u" saat Ejaan Van Ophuijsen diganti dengan Ejaan Republik. Jadi sebelum EYD, "oe" sudah tidak digunakan.
Tanda baca adalah simbol yang tidak berhubungan dengan fonem (suara) atau kata dan frasa pada suatu bahasa, melainkan berperan untuk menunjukkan struktur dan organisasi suatu tulisan, dan juga intonasi serta jeda yang dapat diamati sewaktu pembacaan. Aturan tanda baca berbeda antar bahasa, lokasi, waktu, dan terus berkembang. Beberapa aspek tanda baca adalah suatu gaya spesifik yang karenanya tergantung pada pilihan penulis.

Berikut ini contoh tulisan dan koreksinya:
Sepang - Pebalap Yamaha Jorge Lorenzo ngebahas soal Indonesia, yang udah beberapa kali ia datangi, dan persaingan didunia balap saat ini. Apa saja katanya!
Dalam obrolan di sirkuit Sepang, Malaysia, hari minggu (13/10/2013), Lorenzo mengaku siap menyambangi Indonesia kapan saja meski gak terkait langsung dengan balapan. Baginya datang ke Indonesia sudah seperti bertandang ke rumah teman.
"Saya terkesan banget sama keramahan orang Indonesia. Mereka juga penyuka MotoGP," tutur Lorenzo
Indonesia sendiri memang tak asing-asing amat untuk Lorenzo karena memang sudah beberapa kali menyempatkan diri datang. Terkait dengan potensi dunia balap di Indonesia, Ia pun terkesan dengan pengamatan dan pengalamannya sejauh ini.
"Banyak yang bertalenta," puji Lorenzo.
Juara dunia MotoGP dua kali itu kemudian berbicara mengenai atmosfer di kejuaraan dunia balap grand prix, dengan secara khusus memuji Marc Marquez, pebalap debutan yang tampil luar biasa musim ini.
"Banyak pebalap yang punya bakat luar biasa. Mereka juga pekerja keras. Marquez juga luar biasa," ucapnya.

Koreksi:
Pebalap Yamaha Jorge Lorenzo ngebahas soal Indonesia, yang udah beberapa kali ia datangi, dan persaingan didunia balap saat ini. Apa saja katanya!
·         Pebalap seharusnya adalah pembalap.
·         Ngebahas bahasa yang lebih bakunya adalah membahas.
·         Didunia merupakan awalan di yang disatukan dengan kata benda/tempat, maka seharusnya penulisannya diikuti dengan spasi seperti berikut: di dunia.
·         Tanda baca untuk kalimat tanya seharusnya tanda tanya. Seperti berikut ini: Apa saja katanya?
hari minggu (13/10/2013), Lorenzo mengaku siap menyambangi Indonesia kapan saja meski gak terkait langsung dengan balapan.
·         minggu merupakan nama hari, penulisannya seharusnya diawali dengan huruf kapital seperti berikut: Minggu.
·         Gak merupakan kata yang tidak baku seharusnya adalah tidak.
Saya terkesan banget sama keramahan orang Indonesia. Mereka juga penyuka MotoGP.
·         Banget sebaiknya menggunakan kata seperti amat atau sangat.
·         Sama lebih baik menggunakan kata dengan.
Indonesia sendiri memang tak asing-asing amat untuk Lorenzo karena memang sudah beberapa kali menyempatkan diri datang
·         Tak asing-asing amat lebih baik lagi jika menggunakan kata pengganti tak terlalu asing.
"Banyak yang bertalenta," puji Lorenzo.
·         Penulisan tulisan dalam kurung yang benar adalah menggunakan tanda titik di akhir kalimat dan tanda koma setelah tanda petik penutup kalimat yang dikutip. Seperti berikut ini: "Banyak yang bertalenta.", puji Lorenzo.
Sumber:


0 komentar:

Posting Komentar

About

Pengikut

 
Real Estate © 2010 Template design by Justinwoodie.com. Provided By Free Blogger Templates | Freethemes4all.com
Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates